h1

Tokeek ”she loves me” tokeek “she loves me not”

January 18, 2011

Mitosnya sih, tokek atau tekek (Jawa) bisa untuk meramalkan sesuatu, misalkan apakah nanti kita bakal kaya atau miskin, calon suami cantik ato ganteng, keterima jadi PNS ato engga. Believe it or not, banyak orang yang melakukan itu. You know how khan?


Ada orang yang takut setengah mati dengan tokek. Kata orang, tokek itu kalo nggigit ga bakal lepas kecuali kesamber geledek. Otomatis yang digigit pasti kesamber geledek juga dong hahaha. Tapi, ada juga orang yang menyukai tokek karena suaranya. Mereka bilang, serasa di rumah.. *rumah siapa???* Mungkin seperti saya yang menyukai suara jangkrik, sehingga terpikir untuk memelihara jangkrik di rumah, biar serasa tinggal di desa yang permai.

Tokek itu kadang memiliki warna-warna yang cantik, tapi tidak jarang juga yang tidak cantik sehingga hanya bisa dinikmati suaranya saja. Tokek rumah punya nama ilmiah Gekko gecko (seperti nama donat dan King of pop yaa). Untuk klasifikasi ilmiahnya saya ambil dari wikipedia. Jadi inget pelajaran biologi jaman dulu.

Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Reptilia
Ordo: Squamata
Upaordo: Sauria
Famili: Gekkonidae

Tokek kerap ditemui di pohon-pohon di pekarangan dan di rumah, terutama di pedesaan dan di tepi hutan. Tokek rumah memangsa aneka serangga. Seperti cecak kecil lainnya, tikus kecil dan mungkin juga burung kecil . Seperti bangsa cecak lainnya tokek berburu mangsa pada waktu malam hari dan siang hari biasanya mereka bersembunyi di celah-celah pohon; celah batu; bahkan di celah atap rumah.

Kalau ingin memelihara tokek, untuk alasan apapun itu, ada baiknya menyimak yang di bawah ini.

1 Tokek Merupakan Binatang yang tahan lapar, serta tahan cuaca.
Jadi kalo tokek gak diberi makan selama 1 minggu ato 2 minggu, itu gak masalah. Atopun dicuaca panas ato dingin itu juga gak masalah.

2. Tokek Merupakan hewan kanibal
Jadi jika dia kumpul jadi 1 kandang, dan merasa lapar,dia bersifat kanibal.
Dia mempunyai pedoman siapa yang kuat dia yang menang, jadi ada hukum rimba di sini. Jadi saran saya 1 kandang 1 tokek. Supaya tidak ada persaingan makanan.

3. Tokek Gampang Stress
Dan Karena tokek yang gampang stres, maka sekali diletakan dikandang, jangan dipindah pindah lagi baik tokek maupun kandangnya. Tujuannya supaya tokek tidak stres, akibatnya dia akan gak doyan makan. Sebenarya tokek mati, rata rata mengalami stres.

4. Peletakan kandang di tempat yang sesuai.
Tempatnya usahakan di luar, kalo bisa dibawah pohon. Tujuanya supaya tetap merasa di alam.

5. Adaptasi tokek dari ditangkap dan masuk kandang.
Biasanya tokek tidak mau makan selama 2 minggu ato bahkan lebih. Tapi jika kandang dibuat dari kayu, adaptasi akan menjadi lebih cepat. Jadi saya sarankan buat kandang dari kayu.

6. Tujuan memisahkan per kandang.
Yaitu supaya tokek tidak bertelur ato berkembang biak. Karena tujuan utama saya yaitu membesarkan bukan membudidayakan.

7. Untuk ukuran kandang bebas.
Syaratnya harus dari kayu, dan agak gelap. Madsutnya gelap semua tertutup kecuali pintu mengunakan kawat streamin. Dan usahakan max 2 ekor tokek dalam 1 kandang. Kalo ditempat saya menggunakan bekas lemari baju dari kayu, saya modif dengan pintu menggunakan kawat streamin.

8. Untuk makanan.
Serangga adalah makanan tokek. Ini akan merangsang tokek menjadi lebih besar. Dalam hal ini bisa menggunakan jangkrik/Kroto sebagai makanan tokek.Untuk peningkatan beberapa ons itu tergantung banyak faktor, usahakan jangan sampai tokek merasa stress itu aja. buat kandang senyaman mungkin.

9. Cara memegang.
Tokek memang agak menakutkan. biasanya memegang posisi dari belakang, dan sasaran kepalanya, jangan ekornya, karena dia akan melepaskan ekornya kalo dipegang, kayak cicak.
caranya kalo kegigit, siram mulutnya dengan air hangat ato, alihkan gigitanya dengan benda agak lunak misal kain.

Yang saya belum ketahui adalah: apakah tokek tidak pernah berhenti bersuara? Atau dia hanya bersuara pada jam-jam tertentu? Kalau kita menginginkan tokek karena suaranya, bagaimana kalau ternyata tokek itu jarang bersuara atau bahkan bisu?? Hahaha… tapi suara tokek memang menyenangkan, mungkin karena kita jarang mendengarnya, sehingga jadi semacam hiburan. Bisa dibayangkan kalau tokek itu bersuara terus kecuali pada saat dia tidur??

Saya jadi ingin memelihara tokek dan jangkrik.. demi suasana desa yang permai… sekalian untuk membantu dalam pengambilan keputusan. Tokeekk “kuliah” tokeekk “bolos” tokeekk “kuliah” tokeeekk “bolos”

*dari berbagai sumber*

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: